4 Courses
MM.REG3
Setelah mengikuti perkuliahan Digital Business and E-Commerce Management ini, mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan dalam menganalisis dan menyusun strategi terkait kegiatan manajemen Bisnis Digital dan Manajemen E-Commerce di sebuah organisasi. Mata kuliah ini secara umum membahas mengenai Introduction of digital business and e-commerce, strategy and application, dan digital business and e-commerce management implementation. Mata Kuliah ini mempelajari bagaimana manajemen bisnis/organisasi mengaplikasikan teknologi digital dan media untuk memperbaiki daya kompetisi organisasi melalui optimalisasi proses internal dengan on-line dan saluran tradisional ke market dan supply dan bagaimana mengelola semua tipe transaksi elektronik antara organisasi dan stakeholder baik transaksi keuangan ataupun pertukaran informasi atau jasa lainnya. Pembelajaran dilaksanakan dengan metode study kasus, presentasi dan diskusi kelompok membahas kasus-kasus manajemen bisnis digital dan e-commerce terkini dan melakukan simulasi dan analisis terhadap aspek bisnis dan manajemennya berdasarkan teori-teori yang diberikan. Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman teori melalui quiz/test, kemampuan analisis dari diskusi kelompok dan presentasi serta evaluasi dari paper tugas akhir tentang simulasi manajemen bisnis digital dan perdagangan elektronik di sebuah organisasi.
Referensi:
Chaffey, Dave. 2015. Digital Business and E-Commerce Management: Strategy, Implementation and Practice, 6th Ed. Pearson.MM.REG3
Pokok-Pokok materi kuliah mencakup Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen (Konsep Dasar SIM), Teknologi Penunjang untuk Perancangan, Operasionalisasi dan Pengembangan SIM (Teknologi Informasi dan Komunikasi / TIK), Pemanfaatan SIM dan TIK dalam Bisnis, dan Pemanfaatan SIM dan TIK dalam Pengembangan Jaringan Kerja. Lingkup bahasan meliputi SIM secara umum, SIM dalam Bisnis, SIM dan Pengambilan Keputusan, SIM dan Kepemimpinan, e-Business, e-Commerce, serta SIM dan Jejaring Kerja. Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan Pendekatan andragogi, dengan berbagai model seperti problem based learning, problem solving, melibatkan keterampilan menganalsisi, menyintesis serta mengevaluasi dan mengkreasi. Berbagai metode dilakukan, seperti observasi, penelusuran pustaka, diskusi argumerntasi, serta presentasi dan penugasan mandiri/kelompok. Penilaian dilakukan secara holistic untuk mencapai CPMK yang ditetapkan, seperti penilaian UTS/UAS, penilaian presentasi, kemampuan berargumentasi, dan kemampuan mengomunikasikan gagasan secara tertulis.
Referensi:
1. O’Brien, James A, Introduction to Information Systems, McGraw-Hill, 2005 Terjemahan : Pengantar Sistem Informasi – Prespektif Bisnis dan Managerial, Penerbit Salemba Empat, ISBN 979-691-223-6, 2008.
2. McLeod, Jr. R. & Schell, G. P. Sistem Informasi Manajemen (diterjemahkan oleh Heri Yulianto), Jakarta, INDEKS, 2007.
3. Siagian, S. P., Sistem Informasi Manajemen, Jakarta, Bumi Aksara, 2006.
Babu, A. R., Singh, Y. P. & Sachdeva, R. K., Establishing a Manegement Information System, http://www.yahoo.com, January, 2008.MM.REG3
Setelah perkuliahan, Mahasiswa memiliki kemampuan bekerjasama dan kemampuan menerapkan perhitungan statistic, permodelan, menerapkan, menggunakan dan menganalisis perhitungan model-model statistik yang digunakan untuk mendukung teknik sampling dan pengolahan data hasil penelitian tesisnya. Materi perkuliahan mencakup prinsip pengolahan data/informasi (Big data), dinamika data, dan sampling serta teknik statistic untuk pengolahan data hasil sampling dan hasil penelitian, baik hasil penelitian kualitatif maupun kuantitatif (statistik deskriptif dan inferensial). Statistik Deskriptif meliputi ukuran-ukuran tendesi sentral, penyebaran, serta korelasi dan regresi. Sedangkan statistik inferensia meliputi distribusi sampling, penaksiran titik dan interval serta pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis meliputi uji komparasi yang didalamnya memuat uji satu kelompok, dua kelompok, serta uji k kelompok. Pengujian dilakukan melalui dua pendekatan statistik yakni parametrik dan non parametrik. Selain uji komparasi, juga dipelajari pengujian asosisasi, yakni korelasi bivariat dan korelasi parsial, serta regresi linear sederhana dan multivariabel). Mata kuliah ini juga melatih mahasiswa untuk dapat menggunakan rpogram-program khusus seperti SPSS untuk pengolahan data hasil penelitian.. Pada akhirnya, teknik pengolahan data yang menjadi kekhasan prodi memeroleh proporsi terbesar untuk didiskusikan dan dipastikan dikuasai mahasiswa, untuk memastikan bahwa mahasiswa dapat melakukan pengolahan data hasil penelitian yang representatif dan memiliki keandalan. Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan Pendekatan andragogi, dengan berbagai model seperti problem based learning, problem solving, melibatkan keterampilan menganalsisi, menyintesis serta mengevaluasi dan mengkreasi. Berbagai metode dilakukan, seperti observasi, penelusuran pustaka, diskusi argumerntasi, serta presentasi dan penugasan mandiri/kelompok. Penilaian dilakukan secara holistic untuk mencapai CPMK yang ditetapkan, seperti penilaian UTS/UAS, penilaian presentasi, kemampuan berargumentasi, dan kemampuan mengomunikasikan gagasan secara tertulis.
MM.REG3
Setelah mengikuti perkuliahan filsafat ilmu diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kompetensinya dalam memahami mengembangkan, menyelesaikan masalah, menganalisis secara kritis serta mencipta tentang konsep dengan paradigma baru tentang hakikat ilmu pengetahuan dan mengimplementasikan nilai-nilai yang telah dikaji dalam filsafat Ilmu ke dalam bidang keahlianya. Oleh karena itu dalam perkuliahan Filsafat ilmu ini dibagi dalam 2 bagian. Bagian pertama akan diberikan konsep-konsep dasar filsafat ilmu secara umun pada pertemuan 1-8 berkaitan litrasi hakikat dan pembagian filsafat, landasaran filsafat (Ontology, Epistemology dan Aksiologi keilmuan), serta perkembangan aliran filsafat ilmu.
Pada bagian kedua setelah mahasiswa memahami, menguasai konsep, landasan dan perkembangan aliran filsafat untuk selanjutnya pada pertemuan 9-16 diharapkan mahasiswa dapat mengimplementasikan nilai-nilai filsafat yang telah dikaji dan pelajari ke dalam bidang manajemen pendidikan dan ilmu manajemen serta bisnis. Dalam perkuliahanya mahasiswa, diberi kesempatan untuk memecahkan masalah, menganalisis, mengelaborasi, mengembangkan serta membangun atau mencipta tentang konsep-konsep keilmuan di bidangnya melalui berbagai kegiatan literasi dalam mengeksplorasi, diskusi,kolaborasi dan penugasan dosen pengampu agar mampu mencipta konsep-konsep baru di bidangnya masing-masing.