4 Courses
MANAJEMEN PEMASARAN
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan dalam menganalisis, mengevaluasi dan membuat pola manajemen pemasaran organisasinya di Era Digital. Mata kuliah Marketing in Digital Era mempelajari manajemen pemasaran yaitu aktivitas, kumpulan lembaga, dan proses untuk membuat, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan bertukar penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat luas dengan tujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam aspek manajerial pemasaran. Mata Kuliah ini mambahas mengenai pemasaran sebagai dasar pengambilan keputusan manajemen umum dan sebagai kerangka kerja untuk menganalisis situasi bisnis di era digital. Karena perkembangan manajemen pemasaran yang sangat dipengaruhi oleh komunikasi dan teknologi digital saat ini, pendekatan pemasaran digital diintegrasikan ke dalam mata kuliah ini untuk membantu pemasar dan pengambil keputusan dalam perencanaan pemasaran strategis untuk mengatasi pengaruh teknologi saat ini dalam perencanaan dan pengelolaan sumber daya pemasaran. Pembelajaran dilaksanakan dengan metode project based-learning. Mahasiswa diberikan tugas akhir perkuliahan membuat marketing plan. Selama proses perkuliahan mahasiswa membahas berbagai studi kasus, membuat podcast, presentasi dan diskusi mengidentifikasi strategi pemasaran, menganalisis pendekatan dalam melaksanakan manajemen pemasaran di era digital dan melakukan evaluasi dalam rangka menyusun marketing plan nya. Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman teori melalui quiz/test, kemampuan analisis dari diskusi kelompok dan presentasi hasil studi kasus praktek-praktek pemasaran di era digital serta evaluasi pengembangan konsep dari paper tugas akhir menyusun marketing plan. Referensi: 1. Bacikova, Zuzana. 2018. Marketing in Digital Era: New Horizons in Management Science Book 9, 1st Edition (Kindle Edition). Peter Lang. 2. Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management, Global Edition. Pearson Education Limited. |
MANAJEMEN PEMASARAN
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan dalam menganalisis. mengevaluasi manajemen pemasaran internasional organisasinya. Mata Kuliah International Marketing mempelajari pemasaran secara integral sebagai aktivitas dari strategi perusahaan untuk menemukan arah baru untuk tumbuh (growth) dan berkembang (expansion). International Marketing memiliki keunikan karena bersifat polycentric orientation, dengan penekanan pada produk dan adaftasi promosi pada pasar di luar negeri (foreign market) dengan mengacu pada predisposisi perusahaan untuk eksis pada “significant local cultural difference across market”, perlunya beroperasi pada setiap negara secara independent. Mata kuliah ini membahas mengenai Globalization, Economic-Financial-Political-Legal Environment, Cultural Issues and Buying Behavior, Global Marketing Research, Segmentation and Positioning, Marketing Strategies, Market Entry Strategies, Product and Market Development, Global Pricing, Communication Strategies, Sales Management, Logistic and Distribution, Export and Import Management, Planning-Organizing-Control of Global Marketing Operation, Marketing in Emerging Markets, dan Sustainable Marketing in the global Marketplace. Pembelajaran dilaksanakan dengan metode project based-learning. Mahasiswa diberikan tugas akhir perkuliahan membuat global marketing strategy. Selama proses perkuliahan mahasiswa membahas berbagai studi kasus, presentasi dan diskusi mengidentifikasi strategi pemasaran international, menganalisis pendekatan dalam melaksanakan manajemen pemasaran international dan melakukan evaluasi dalam rangka menyusun strategy pemasaran global sebuah organisasi. Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman teori melalui quiz/test, kemampuan analisis dari diskusi kelompok dan presentasi yang dibuat per kelompok serta evaluasi pengembangan konsep dari paper tugas akhir menyusun global marketing strategy. Referensi: 1. Kotabe, Masaaki and Nelsen, Kristiaan. 2015. International Marketing 6th Edition (International Student Version). Wiley. 2. Johansson, Johny K. 2010. Global Marketing: Foreign Entry, Local Marketing and Global Management 5th Edition (International Edition). McGraw-Hill. |
MANAJEMEN PEMASARAN
Dalam mata kuliah ini akan dijelaskan mengenai pemasaran bisnis jasa yang mengintegrasikan tiga pendekatan teori, diantaranya: manajemen pemasaran secara umum, manajemen operasi, dan manajemen sumber daya manusia. Diharapkan melalui mata kuliah, mahasiswa dapat terlatih untuk berfikir secara sistematik dan komprehensif dalam melihat persoalan pemasaran bisnis jasa. Jasa semakin mendominasi perekonomian dunia, diketahui bahwa tanpa adanya pengelolaan bisnis jasa, maka daya saing produk di pasar akan menurun. Mahasiswa akan memperoleh materi mengenai konsep dan teknik dalam mengelola bisnis jasa serta memasarkan jasa. Di dalamnya akan dibahas kerangka kerja dan prosedur analitis dalam mengelola bisnis jasa. Referensi: 1. Zeithaml, Valarie A. & Mary Jo Bitner, 2000, Service Marketing – Integrating Customer Focus Across the Firm, Mc. Graw Hill 2. Lovelock, Christopher & Lauren Wright, 2001, Principles of Services Marketing & Management, 2nd Edition, Prentice Hall 3. Lovelock, Christopher & Jochen Wirtz, 2011, Service Marketing, 7th Edition, Prentice Hall 4. Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz dan Jacky Mussry, 2010. Pemasaran Jasa “Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia”, Edisi Ketujuh, Erlangga 5. Lupiyoadi,Rambat, 2013, Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Salemba Empat 6. Tjiptono, Fandy,2014, Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan dan Penelitian, Edisi Pertama, ANDI OFFSET |
MANAJEMEN PEMASARAN
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan dalam memahami perubahan perilaku konsumen di pasar, menganalisis dan mengevaluasi manajemen pengelolaan organisasinya dan mampu membuat strategi manajemen organisasi masa depan yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan spesifik konsumennya Mata Kuliah Perilaku Konsumen mempelajari tentang aksi konsumen selama proses mencari (searching) untuk melakukan pembelian (purchasing), menggunakan (using), mengevaluasi (evaluation) dan membuang (disposing) suatu produk atau jasa yang mereka harapkan dapat memuaskan keinginannya. Mata kuliah ini membahas mengenai Consumers, Market and Technology, Consumers as an Individual, Communication and Consumer Behavior, Consumers in their Social and Cultural Settings dan Consumer Decision-Making, marketing ethics, and Consumer Researh. Pembelajaran dilaksanakan dengan metode study kasus, presentasi dan diskusi kelompok membahas kasus-kasus terkait perubahan perilaku konsumen terkini baik konsumen individu ataupun korporasi dan hasil-hasil riset konsumen dan melakukan simulasi dan analisis terhadap proses pengambilan keputusan konsumen. Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman teori melalui quiz/test, kemampuan analisis dari diskusi kelompok dan presentasi serta evaluasi pengembangan konsep dari paper tugas akhir tentang simulasi pengambilan keputusan konsumen terhadap sebuah produk atau layanan sebuah organisasi. Referensi: 1. Solomon, Michael R. 2015. Consumer Behavior: Buying, Having, and Being, 11th Edition (Global Edition). Pearson Education Limited. 2. Schiffman, Leon G. and Wisenblit, Joseph. L. 2015. Consumer Behavior 11th Edition (Global Edition). Pearson Education Limited. |