
7 Courses
MANAJEMEN SDM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan dalam memahami perubahan kepemimpinan dan perilaku organisasi saat ini, menganalisis dan mengevaluasi manajemen pengelolaan organisasinya dan mampu membuat strategi kepemimpinan organisasi masa depan yang berorientasi pada konsep leadership yang lincah sesuai perilaku organisasi. Mata kuliah Leadership and Organizational Behavior mempelajari tentang Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi dengan focus pada perilaku individu dan grup di pekerjaan sebagai ‘applied dicipline’. Kepemimpinan dan mengelola orang secara efektif dilihat sebagai elemen penting yang kritis dalam pencapaian tujuan organisasi. Mata kuliah ini membahas mengenai Konsep Leadership, Organizational Behavior, Individual Differences and their Relevance to work, managing the organization, people dan Process and performance. Pembelajaran dilaksanakan dengan metode problem-based learning. Mahasiswa diberi tugas membahas problem praktek-praktek kepemimpinan di organisasi, kemudian melakukan small group discussion untuk mengidentifikasi apa saja yang perlu diketahui, dan mempelajari aplikasinya untuk mengatasi masalah organisasi . Hasil pembahasan dipresentasikan dan didiskusikan di kelas. Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman teori melalui quiz/test, kemampuan analisis dari diskusi kelompok dan presentasi identifikasi masalah dan evaluasi penerapan konsep dari paper tugas akhir tentang simulasi kepemimpinan yang efektif di organisasi. Referensi: 1. French, Ray., Rayner, Charlotte., Rees, Gary., and Rumbles, Sally. 2015. Organizational Behaviour 3rd Edition. Willey. 2. Colquitt, A. Jason., LePine, Jeffery A., and Wesson, Michael J. 2013. Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment in the workplace 4th Edition. McGraw-Hill Education. 3. Hushes, Richard L., Ginnett, Robert C., and Curphy, Gordon J. 2012. Leadership : Enhancing the Lessons of Experience 7th Edition (International Edition). McGraw-Hill. |
MANAJEMEN SDM
Dengan mempelajari mata kuliah ini mahasiswa akan menguasai dan mampu untuk merancang dan mendesain model-model perencanaan sumber daya manusia dan mampu membuat model-model pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dalam kehidupan praktis di lapangan. Meliputi hal-hal berikut: Pentingnya Strategic Human Resources Managemen, Lingkungan Strategic Human Resources Managemen, Implementasi Strategic Human Resources Managemen dan Kaitannya dengan Perencanaan Strategis, Peramalan Kebutuhan SDM, Model Peramalan dan Aplikasinya, Dasar Perencanaan : Analisis Pekerjaan, Training dan Pengembangan Kinerja SDM, Penilaian Kinerja Individu, Perencanaan Kompensasi, Perencanaan Karir, Perencanaan Suksesi, Perencanaan pengembangan organisasi, Perencanaan HR dalam perubahan organisasi, Pengaruh Strategic Human Resources Managemen, Evaluasi PSDM, Pengkajian/Studi Kasus. Format pembelaiaran di kelas akan meliputi: (1) presentasi dari teori dan hasil penelitian empiris (2) memberikan tugas-tugas, mereview mata kuliah atau latihan soal untuk dikerjakan oleh mahasiswa sebagai bentuk latihan pendalaam teori, (3) melakukan riset mini atau review artikel tentang Perencanaan Sumber Daya Manusia yang diambil dari Jurnal SDM terbitan dalam negeri maupun luar negeri yang terakreditasi. Referensi: 1. Rothwell J. William & Kazanas H.C (2003) , Planning and Managing Human Resource, 2nd edition, Human Resources Development Press, Inc, Massachusetts 2. Walker W. James (1992), Human Resource Strategic Mc Graw Hill Inc 3. Walker W. James (1980). Human Resources Planning. Grolier Business Library, Arizona State University. 4. William P. Anthony, Pamela L Perrewe, K Michele Kacmer (1996), Strategic Human Resources Management, The Dryden Press, Florida 5. Mello A, Jeffrey (2006), Strategic Management of Human Resources, South-Western Cengage Learning, Canada 6. Raymond A. Noe (2013), Employee Training and Development, 6th edition, McGraw-Hill International Edition 7. Heneman dan Judge (2003), Staffing Organizations, Mc Graw Hill |
MANAJEMEN SDM
Pokok-pokok materi kuliah mencakup : pengertian dan kedudukan evaluasi kinerja dalam konteks MSDM, faktor-faktor (individual differences and motivation) yang mempengaruhi kinerja karyawan, metode/teknik evaluasi kinerja (metode rating, MBO dan BSC), dan upaya peningkatan kinerja melalui penetapan tujuan, umpan balik, sistem imbalan, dan pemberdayaan (reinforcement/empowerment); Perkuliahan dirancang dengan sistematika: Pokok-pokok Materi Kuliah, Jadwal Waktu Kuliah, Daftar Pustaka dan Rujukan; Perkuliahan diselenggarakan dengan ceramah/seminar, diskusi kelas/kelompok, tugas kelompok/perorangan, serta tugas-tugas pemecahan kasus/masalah. Dosen berperan sebagai narasumber dan mahasiswa berperan aktif dalam proses belajar; Evaluasi mahasiswa dilakukan berdasarkan : jumlah kehadiran (minimal 80% dari 16 pertemuan), UTS, UAS, pemecahan kasus dalam bentuk tugas perorangan/kelompok. Referensi: 1. Campbel, JP.,etal. 1977. Managerial Behavior, Performance and Effectivness. McGraw-Hill. NY. 2. Dessler, G. 2008. Human Resource Management. Upper Saddle River. N.J : Pearson Education-Prentice Hall. NY 3. Gibson, J.L., etal. 2006. Organizations, Structure & Process. McGraw-Hill. NY 4. Ivancevich, J.M. 2009. Human Resource Management. McGraw-Hill. NY 5. Moorhead, G. & R.W. Griffin. 1995. Organizational Behavior : Managing People and Organizations. Houghton Mifflin. Boston 6. Noe, R.M. &Mondy, R.W. 2005. Human Resource Management. Upper Saddle River. N.J. : Pearson Education-Prentice Hall. NY 7. Robbins, S.P. 2006. PerilakuOrganisasi (Terjemahan Benyamin Molan). Indeks. Jakarta 8. Rue, L.W., etal. 2007. Key Link to Productivity. McGraw-Hill. |
MANAJEMEN SDM
Pokok-pokok materi kuliah mencakup : pengertian dan kedudukan evaluasi kinerja dalam konteks MSDM, faktor-faktor (individual differences and motivation) yang mempengaruhi kinerja karyawan, metode/teknik evaluasi kinerja (metode rating, MBO dan BSC), dan upaya peningkatan kinerja melalui penetapan tujuan, umpan balik, sistem imbalan, dan pemberdayaan (reinforcement/empowerment); Perkuliahan dirancang dengan sistematika: Pokok-pokok Materi Kuliah, Jadwal Waktu Kuliah, Daftar Pustaka dan Rujukan; Perkuliahan diselenggarakan dengan ceramah/seminar, diskusi kelas/kelompok, tugas kelompok/perorangan, serta tugas-tugas pemecahan kasus/masalah. Dosen berperan sebagai narasumber dan mahasiswa berperan aktif dalam proses belajar; Evaluasi mahasiswa dilakukan berdasarkan : jumlah kehadiran (minimal 80% dari 16 pertemuan), UTS, UAS, pemecahan kasus dalam bentuk tugas perorangan/kelompok. Referensi: 1. Campbel, JP.,etal. 1977. Managerial Behavior, Performance and Effectivness. McGraw-Hill. NY. 2. Dessler, G. 2008. Human Resource Management. Upper Saddle River. N.J : Pearson Education-Prentice Hall. NY 3. Gibson, J.L., etal. 2006. Organizations, Structure & Process. McGraw-Hill. NY 4. Ivancevich, J.M. 2009. Human Resource Management. McGraw-Hill. NY 5. Moorhead, G. & R.W. Griffin. 1995. Organizational Behavior : Managing People and Organizations. Houghton Mifflin. Boston 6. Noe, R.M. &Mondy, R.W. 2005. Human Resource Management. Upper Saddle River. N.J. : Pearson Education-Prentice Hall. NY 7. Robbins, S.P. 2006. PerilakuOrganisasi (Terjemahan Benyamin Molan). Indeks. Jakarta 8. Rue, L.W., etal. 2007. Key Link to Productivity. McGraw-Hill. |
MANAJEMEN SDM
Mata kuliah Hubungan Industrial (HI) bertujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memahami konsep dasar HI di Indonesia. Melalui pendekatan andragogi berupa penelaahan mahasiswa yang dituangkan dalam bentuk makalah kelompok dan diskusi kelas, akan dikembangkan hard and soft skills yang berhubungan dengan konsep Hubungan Industrial, Perkembangan serikat pekerja, perjanjian kerja, fungsi lembaga bipartite dan tripartite, upah dan jaminan social serta topik lainnya. Mata kuliah ini berbasis multi disiplin ilmu (multi disciplined based), praktisi reflektif (reflective practisioner), dengan subyek analisis adalah karyawan perusaahaan, pegawai negeri dan pegawai swasta. Penilaian dilakukan melalui analisis hasil kerja kelompok, observasi kegiatan diskusi kelas, dan ujian tertulis (UTS dan UAS). Referensi: 1. Brian APrianto & Fonny Arisandi Yacob, Pedoman Lengkap Profesional SDM Indonesia, Jakarta:PPM Menteng Raya, 2013; 2. Darda Syahrizal, Hak dan Kewajiban Karyawan dan Perusahaan, Yogyakarta: Laskar Aksara, 2013; 3. Kesindo Utama, Undang – Undang Ketenagakerjaan, Surabaya: Kasindo Utama, 2007; 4. Payaman J. Simajuntak, Manajemen Hubungan Industrial Serikat Pekerja, Perusahaan, dan Pemerintah, Jakarta: Lembaga Penerbit FE-UI, 2011. |